image

Jadi, seharian ini (17/12/15) masyarakat Bali diributkan oleh sebuah rentetan peristiwa tikam menikam.
Lihat di sosmed rame pada bikin status, ganti DP, share foto dan share video.

Yah semua mungkin sudah tau mengenai 2 kelompok ormas besar di Bali ini. Saya tidak perlu menyebutkan merk lah ya..
Untuk yang kesekian kalinya, ormas yang dilindungi oleh Kesbangpol ini membuat geger warga Bali.

Pihak kepolisian kembali berstatus SIAGA 1. Sama halnya ketika isu Teroris kemarin, penjagaan ketat dimana-mana. Blokir jalan, mati listrik, sweeping SAJAM dan penangkapan sejumlah orang pembuat kerusuhan. Bahkan ada kawan saya yang tidak bisa pulang ke rumah karena jalan di blokir.

Permasalahan awalnya sepertinya sederhana (kalau mau dipikir sederhana sih). Cuma adu mulut, membela sesama anggota ormas.

Ini hasil diskusi dengan beberapa teman ya..
1. Pihak keamanan berhasil mengamankan Bali dari Teroris yang notabene dari luar Bali tapi tidak berhasil mengamankan Bali dari orang2 dalam sendiri.
2. Mereka mengatas namakan dirinya Ormas yang menjaga keamanan Bali. Coba di flashback, berapa kali mereka justru membuat geger Bali dengan bentrok dan bunuh2an. Jadi masih percaya sama preman? Eh ormas maksudnya..
3. Orang2 ormas ini memiliki senjata tajam berupa pedang/samurai bahkan pistol lhoo.. Baru ada bentrok aja baru di sweeping dan diamankan. Sebelumnya dibiarin aja?
4. Mereka terdaftar sebagai organisasi legal tapi terlalu sering bikin ricuh dan membahayakan masyarakat. Kenapa tidak dicabut saja izin organisasinya? Ya toh..
5. Masukan nih untuk petinggi organisasi, kami paham bahwa yang membuat kericuhan ini adalah anggota ‘kelas bawah’. Mungkin next time biar ga kejadian lagi, dalam proses perekrutan anggota tidak sembarangan. Atau mungkin dibuat pelatihan2 kader gitu biar tidak liar.
6. Masa ormas ini juga merupakan masa politik. Saking banyaknya anggota yang mudah diberi satu garis komando membuat gerbong2 ini mudah dipolitisasi. Apa ini termasuk ‘backing’ dan menjadi alasan tidak ada tindak lanjut yang jelas?
Masih banyak lagi sih yang kami diskusikan, mungkin pokok2nya ini saja.

Saya hanya iseng nulis nulis kecil karena ini juga merupakan catatan sejarah gelap yang dimiliki Bali. Bahkan gaungnya sampai Internasional. Mafia aja beritanya ga sampe kayak gini 😝

Well, selamat beristirahat kawan.
Kita tidak memungkiri bahwa dunia ini semua seimbang. Yin dan Yang, hitam dan putih, baik dan jahat. Tinggal sekarang anda memilih berada diposisi mana?

Advertisements