Tags

,

Capek deh baca berita beberapa hari ini. Hanya gara-gara konflik antar kelompok warga di Tolikara Papua sana, seluruh Indonesia rasanya gempar.. Senggol kelompok agama inilah, itulah.. Terus saling menghujat antar agama satu dengan yang lainnya, saling minta pertanggung jawaban.. Lah kejadiannya di Papua sana, yang diminta pertanggungjawaban orang yang jauhnya dimana..

Aku mau sharing deh, aku sendiri ada di Bali dengan agama Hindu. Mamaku berasal dari Surabaya dan hari ini masih Muslim. Ayahku (aku panggilnya Ajik) beragama Hindu, adik-adikku juga.. Aku dan adikku sempat sekolah di SD Katolik bahkan pernah ikut sekolah minggu. Aku pribadi pernah ikut sembahyang di Vihara. Hingga saat ini aku jelas masih bersembahyang di Pura. Lalu apa ada yang salah? Kami hidup tetap tenang dan damai kok.

Jadi tolong jangan disalahkan Agama-nya lah.. Justru aku berpikir bahwa orang-orang yang saling hujat itu harus di salahkan. Salahkan orang-orangnya yang bikin ribut, jangan salahkan Agamanya. Bukankah setiap agama mengajarkan hal yang baik? Agama mana yang pernah menitahkan umatnya untuk salling kecam, saling tuduh dan saling bunuh?

Indonesia itu adalah Negara yang sangat beragam kawan, tidak kah ingat? Bukan cuma agama, berapa juta adat istiadat dan budaya yang dimiliki? Justru keberagaman dan kemajemukan Indonesia itulah yang membuat Negara kita menjadi lebih Indah.

Perbedaan itu bukan berarti perpecahan. Betapa indah arti perbedaan, betapa penting arti kesatuan, dan betapa berharga sebuah kemajemukan…

Tidakkah telinga, mata, otak dan hati kawan-kawan tiap saat hanya mendengar kabar tentang pertikaian? Kapan Indonesia mau menjadi Negara yang besar jika hanya karena perbedaan saja ribut dan heboh? Please, ajak kawan-kawan disebelahmu menghargai perbedaan. Semesta ini indah, semesta ini luar biasa. Jangan bikin rusak hanya karena tiidak menghargai perbedaan.

