Siapa yang tidak tau Pulau Bali? Saat ini Pulau Bali terkenal hampir di seluruh pelosok dunia. Hingga pulau Bali menjadi salah satu pulau yang seolah wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau Bali memang memiliki ciri khas tersendiri. Dianugrahkan Panorama alam yang sangat indah oleh sang pencipta. Ditambah dengan orang-orang yang seni dan kreatif hingga dapat menciptakan kebudayaan yang sangat unik. Kedua hal tersebutlah yang sebenarnya menjadi ciri khas Bali.

Jika kita lihat pariwisata yang berkembang di Bali saat ini, sebenarnya sudah tidak lagi mencerminkan Bali yang sesungguhnya. Kemacetan di daerah wisata. Hotel dan villa mewah bertebaran hampir disetiap sudut pulau Bali. Mall, Diskotik, Restoran, dan Cafe justru semakin merebak di Bali. Parahnya hal tersebut justru membuat Bali semakin rusak. Sumberdaya alam dan manusia di Bali perlahan di eksploitasi.

Seandainya aku adalah wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Bali. Kemudian melihat tempat-tempat seperti itu, yang sebenarnya telah sering aku jumpai di negaraku. Bahkan mall dan hotel di negaraku lebih mewah dan bagus. Apa aku tidak akan bosan melihat yang itu-itu saja?

Bukan diskotik dan mall yang dicari oleh wisatawan sebenarnya. Wisatawan mengunjungi Bali karena mereka mendengar cerita diluar tentang ‘jiwa’ nya Bali..

‘Jiwa’nya Bali itu apa sih? Kebudayaan dan Panorama alamnya. Itulah jiwanya Bali yang para wisatawan cari. Melihat bagaimana terasering alami, keindahan tepi pantai, keindahan danau, gunung, dan lembah. Disuguhkan dengan Tarian sambil menikmati makanan dan minuman khas Bali. Belajar bagaimana Budaya Bali, dengan serangkaian upacara adat yang unik dan orang-orang yang ramah. Itulah citra Bali yang sebenarnya. Itulah yang menjadi alasan mengapa Bali menjadi tempat wisata favorit.

Jadi, buat apa kita membuang-buang uang dan tanah Bali untuk membangun hotel, villa, mall dan lainnya itu lebih banyak lagi? Bukannya Bali semakin kaya, malah semakin rusak. Yang seharusnya kita bangun saat ini adalah kebanggaan kita memiliki Adat dan Budaya Bali. Memperkaya wawasan kita tentang Kebudayaan Bali. Melestarikan alam dan budaya Bali. Menjaga Jiwanya Bali 🙂

Lestarikan Budaya Bali

Advertisements