Obrolan malam ini bersama seorang guru filsuf yang sangat menginspirasi membuat aku berpikir dan merenung tentang waktu. Dulu aku selalu menyalahkan waktu ketika terjadi sesuatu padaku. Seperti ketika aku harus memilih antara kuliah dan kegiatan organisasi yang waktunya bersamaan. Selalu waktu dan keadaan yang ku salahkan kenapa jadwalku harus tabrakan. Atau ketika aku harus rela tidak dapat menghabiskan saat-saat behagiaku bersama orang-orang yang aku kasihi hanya karena tugas-tugas dan kewajiban yang harus aku selesaikan.

Waktu adalah sumber dari segala masalah. Waktu yang singkat, waktu dan kesempatan yang langka, hingga tidak ada waktu dan kesempatan. Semua itu aku anggap masalah, sampai-sampai aku harus selalu menghujat waktu dan keadaan ketika semua berjalan tidak sesuai dengan keinginanku.

Image

Tapi malam ini aku sadar.. Waktu itu adalah hal yang sangat spesial.. Dia dapat menimbulkan masalah, dan dia juga yang akan menjawab masalah itu.

Semua itu tidak aku sadari kemarin, karena aku memang tidak pernah ingin merubah mindset benciku akan waktu dan keadaan. Ketika sudah tidak ada orang atau hal lain lagi yang bisa ku salahkan, pasti aku menyalahkan waktu dan keadaan. Setiap manusia tentu tidak ingin disalahkan, bukan begitu?

Malam ini aku menyadari bahwa waktu telah menjawab beberapa masalahku kemarin. Ketika aku membenci sahabatku dan berpikir dia telah mengusik kedamaian hidupku dengan menikamku dari belakang. Ternyata saat ini aku benar-benar sadar, bahwa aku sebenarnya tidak pernah membenci hingga akhirnya kita kembali menjadi sahabat. Waktu membiarkan aku dan dia memproses rasa ego kita selama beberapa bulan hingga akhirnya saat ini terjawab sudah.

Waktu juga menjawab rasa cintaku pada seseorang. Ketika awalnya aku tidak bisa bersamanya karena banyak hal, kemudian waktu menjawab dengan memberiku kesempatan untuk bisa bersamanya. Walau pada akhirnya saat ini entah ada masalah baru yang ditimbulkan oleh sang waktu kembali. Hingga kita entah menjadi seperti apa sekarang.. Haha..

Ketika waktu membuatku tidak paham akan apa yang sebenarnya harus aku pelajari saat ini, atau bagaimana proses yang harus aku tempuh. Hingga tujuan hidupku akan menjadi seperti apa, atau apakah aku bisa mewujudkan cita-citaku, waktu seolah menyembunyikan semua itu dariku.

Namun akhirnya aku sadar.. Segala kegelisahanku, segala pertanyaanku tentang hari esok pasti akan terjawab. Entah kapanpun itu, waktu tentu akan memberi jawaban. Seperti halnya membuat seseorang paham akan sesuatu. Tentu tidak bisa langsung saat ini juga, pasti akan ada proses dan waktu yang lama untuk memahaminya.

Yang perlu aku lakukan saat ini hanya membiarkan semua ini berjalan semestinya. Melakukan apa yang semestinya kulakukan. Melakukan apa yang hati ini katakan. Karena kelak, waktu akan menjawab dengan keadaan-keadaan yang tidak pernah bisa kita prediksikan secara tepat. Hingga saatnya kita menyadari bahwa ini adalah jawaban dari kegelisahan dan pertanyaan kita dahulu. Selamat menunggu dan menjalankan harimu kawan. Percayalah, niscaya waktu akan menjawab semuanya. Walau saat itu terjawab kamu tidak bernafas lagi.

